Minggu, 23 Februari 2020

PENGENALAN JENIS DAN DAMPAK LIMBAH INDUSTRI UNTUK MASYARAKAT KECAMATAN KLARI KABUPATEN KARAWANG MELALUI PORTAL CITARUMPEDIA


Dampak limbah industri ada yang dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Limbah industri dapat mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat, termasuk komponen pada lingkungan seperti air, tanah dan udara.  limbah hasil industri menjadi salah satu persoalan serius di era industrialisasi.
Oleh karena itu, regulasi tentang industrialisasi ramah lingkungan menjadi isu penting. Alasan yang mendasari sebab limbah tidak hanya dari proses produksi tapi juga kelangsungan hidup. Oleh karena itu, pengolahan limbah harus dilakukan sedari dini ketika proses produksi terjadi. Artinya, pengolahan limbah harus dilakukan dari hulu sampai hilir karena jika ini tidak dilakukan maka ancaman terhadap pencemaran akan berakibat fatal.

Untuk pemecahan masalah rendahnya pemahamaan dan kepedulian masyarakat terhadap jenis dan bahaya limbah industri, maka dibuat Portal Citarumpedia (Kumpulan Berita dan Publikasi Sungai Citarum), sehingga dapat memberikan kemudahan untuk mengkases informasi dan publikasi Sungai Citarum, termasuk Rubrik Industri Hijau/Limbah Industri selama 24 jam. Tindak lanjut berikutnya ialah tahapan sosialiasi keberadaan Portal Citarumpedia, sekaligus memberikan pelatihan bagaimana cara mengakses aplikasi web tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar