Minggu, 25 November 2018

STUDI UMUM PERMASALAHAN DAN SOLUSI DAS CITARUM SERTAANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH

Oleh : Muhammad Fadhil Imansyah (Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB - Jurnal Sosioteknologi Edisi 25 Tahun 11, April 2012)

Sebagai komponen terpenting dalam kehidupan, keberadaan air sudah selayaknya dijaga dan dilestarikan. Kaidah-kaidah konservasi air harus dipatuhi dalam kehidupan sehari-hari agar kelestarian air dapat berlangsung hingga masa depan. Sungai Citarum sebagai salah satu potensi air terbesar di Jawa Barat menyimpan potensi yang besar bagi masyarakat, baik potensi menguntungkan maupun potensi merugikan. Sayangnya, masyarakat dan pemerintah cenderung terlena oleh potensi menguntungkan dari sungai Citarum, dan tanpa disadari memperbesar potensi kerugian dari sungai tersebut. Berkurangnya daerah konservasi lahan, padatnya permukiman penduduk, pencemaran sungai oleh limbah domestik dan industri, dan lainnya menyebabkan bencana seperti banjir, kekeringan, dan longsor. Hal tersebut merupakan permasalahan yang harus diselesaikan bersamasama antara pemerintah dan masyarakat. Koordinasi, pembagian tanggung jawab, dan keharmonisan komunikasi antara keduanya diyakini akan menyelesaikan permasalahan pelik yang terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Selengkapnya :
https://media.neliti.com/media/publications/41581-ID-studi-umum-permasalahan-dan-solusi-das-citarum-serta-analisis-kebijakan-pemerint.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar